Apa Perbedaan Lensa 35mm dan 50mm

Apa perbedaan lensa 35mm dan 50mm – Terkadang, sebagai seorang fotografer, kita bingung dalam memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Salah satu perdebatan yang

admin

Apa Perbedaan Lensa 35mm dan 50mm
sumber : quora.com

Apa perbedaan lensa 35mm dan 50mm – Terkadang, sebagai seorang fotografer, kita bingung dalam memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan kita. Salah satu perdebatan yang sering muncul adalah apakah lebih baik menggunakan lensa 35mm atau 50mm. Kedua jenis lensa tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara lensa 35mm dan 50mm sehingga Anda dapat memilih lensa yang tepat untuk keperluan fotografi Anda.

Apa Perbedaan Lensa 35mm dan 50mm
sumber : quora.com

Perbedaan lensa 35mm dan 50mm: Perspektif dan Bidang Gambar

Perbedaan Lensa 35mm dan 50mm
sumber : quora.com

Sejak dahulu, lensa fix 50mm merupakan pilihan utama bagi banyak fotografer. Hal ini dikarenakan fokal 50mm memiliki sudut pandang dan perspektif yang normal, mirip dengan pandangan manusia. Dalam era DSLR dengan sensor APS-C yang memiliki crop factor 1,5x, fokal efektif lensa fix 50mm setara dengan 75mm. Sehingga sudah tergolong agak telefoto. Untuk mengatasi hal ini, produsen kamera DSLR kini membuat lensa fix 35mm khusus untuk sensor APS-C. Sehingga, fokal efektif lensa fix 35mm akan menjadi setara dengan 50mm bila dikali 1,5.

Lensa Fix 35mm: Lebih Fleksibel dan Cocok untuk Ruang Sempit

Lensa Fix 35mm
sumber : infofotografi.com

Jika Anda memakai kamera DSLR dengan sensor APS-C dan menginginkan fokal 50mm, maka lensa 35mm adalah pilihan yang tepat. Meskipun fokal 35mm termasuk wide-angle, tapi jika dipasang pada kamera DSLR APS-C akan setara dengan 50mm. Dengan lensa ini, Anda masih mendapatkan bidang gambar yang cukup lebar tanpa ada distorsi yang berarti. Dengan begitu, lensa tersebut menjadi lebih mudah digunakan dalam ruangan yang sempit atau saat bepergian. Namun, kekurangan dari lensa ini adalah fokalnya yang hanya 35mm. Sehingga bila digunakan untuk membuat potret close-up (wajah dan bahu), Anda perlu berada cukup dekat dengan objek yang difoto. Selain itu, bokeh yang dihasilkan dari lensa 35mm f/1.8 masih kurang blur.

Baca Juga  Tingkatkan Hasil Foto Anda dengan Lensa Bokeh untuk HP Terbaik di 2023

Lensa Fix 50mm: Cocok untuk Potret Close-Up dan Harga Terjangkau

Lensa Fix 50mm
sumber : bukalapak.com

Bagi para pecinta fotografi, lensa adalah salah satu komponen penting dalam pengambilan foto. Jika Anda menyukai foto potret close-up, maka lensa 50mm adalah pilihan yang lebih cocok untuk dipilih. Alasannya, dengan fokal 50mm dan sensor APS-C, maka fokal efektif akan menjadi sekitar 75-80mm yang lebih bersifat telefoto.

Lensa 50mm f/1.8 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai hobi foto model. Selain harganya yang sangat terjangkau, lensa ini juga memiliki kemampuan yang cukup untuk menghasilkan foto yang bagus. Lensa 50mm f/1.8 ini pun sangat murah, misalnya untuk lensa Canon EF hanya sekitar 800 ribuan, sedangkan untuk Nikon sekitar 1 jutaan (versi AF) dan 1,9 jutaan (versi AF-S).

Bokeh yang dihasilkan dari lensa ini juga sangat bagus, tidak kalah dengan lensa mahal seperti 50mm f/1.4. Anda bisa menghasilkan foto potret close-up dengan latar belakang blur yang indah dengan menggunakan lensa ini. Namun, kekurangan dari lensa ini adalah kurang efektif untuk dipakai di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang minim.

Untuk kesimpulannya, perbedaan antara lensa fix 35mm dan 50mm cukup signifikan terutama pada fokalnya. Lensa 35mm lebih cocok untuk digunakan pada ruangan sempit atau pengambilan foto dengan jarak dekat, sedangkan lensa 50mm lebih cocok digunakan untuk potret close-up dengan hasil bokeh yang indah.

Namun, semua tergantung pada preferensi fotografer dan kebutuhan dalam mengambil gambar. Jika Anda memiliki kamera dengan sensor APS-C, maka memilih lensa dengan fokal 35mm atau 50mm sangat direkomendasikan. Selain itu, pastikan untuk mempertimbangkan faktor harga, kualitas, dan fitur lainnya sebelum membeli lensa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga  Setelah Zeiss, Leica dan Hasselblad, Canon Juga Ingin Kolaborasi dengan Smartphone

Jangan lupa untuk menjaga stabilitas kamera saat memotret, terutama saat menggunakan lensa dengan fokal di atas 50mm. Gunakan tripod atau stabilizer jika diperlukan untuk meminimalisir getaran dan menghasilkan foto yang lebih tajam dan jelas.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan antara lensa fix 35mm dan 50mm. Semoga bermanfaat bagi para fotografer pemula maupun yang sudah berpengalaman. Teruslah berlatih dan mengembangkan kreativitas dalam mengambil gambar, sehingga hasil fotografi Anda semakin memukau.

admin

Seorang penghobi fotografi pemula seringkali masih belajar tentang teknik-teknik fotografi dasar, seperti pengaturan exposure, ISO, aperture, dan shutter speed. Ia juga sedang mencoba berbagai genre fotografi, seperti potret, landscape, street photography, dan masih banyak lagi.

Related Post

1 thought on “Apa Perbedaan Lensa 35mm dan 50mm”

  1. Pingback: Kamera Body Only Artinya adalah, berikut ini penjelasannya

Leave a Comment

You cannot copy content of this page