Review Kamera Nikon Zf, Si Retro yang Serba Bisa

Review Kamera Nikon Zf, Si Retro yang Serba Bisa – Nikon Zf telah mencuri perhatian pecinta fotografi dengan desainnya yang memikat, mengingatkan kita pada kamera

admin

Review Kamera Nikon Zf, Si Retro yang Serba Bisa – Nikon Zf telah mencuri perhatian pecinta fotografi dengan desainnya yang memikat, mengingatkan kita pada kamera film Nikon FM2 yang ikonik dari era 1980-an. Namun, jangan sampai desain retro-nya membingungkan, karena di balik tampilan klasik ini terdapat sejumlah fitur canggih yang memastikan Nikon Zf tetap menjadi pesaing kuat di pasar kamera mirrorless.

Dengan resolusi sensor sebesar 24.5MP, Nikon Zf menawarkan gambar yang tajam dan detail. Kamera ini merupakan salah satu dari serangkaian kamera full frame Nikon, yang mencakup model-model seperti Z5 hingga Z9. Namun, yang membuat Zf begitu istimewa adalah desainnya yang mengingatkan kita pada masa lalu dengan dial di bagian atasnya yang mengingatkan kita pada era kamera film. Dial ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan shutter, ISO, dan kompensasi eksposur dengan mudah.

Kehadiran fitur-fitur baru pada Nikon Zf membuatnya lebih menarik. Terdapat beberapa kontrol gambar baru, seperti deep tone dan flat monochrome yang dapat diakses dengan cepat melalui tuas di bawah dial shutter atau melalui menu i-menu. Deep tone monochrome menghasilkan gambar hitam putih dengan nuansa gelap dan detail yang menonjol. Sementara flat monochrome memberikan sentuhan lembut dan ringan pada gambar monochrome. Selain itu, ada juga fitur rich tone portrait yang membuat gambar potret lebih kontras dan berwarna kaya, terutama pada area yang gelap.

Keunggulan Nikon Zf

Kemampuan Kustomisasi

Kemampuan Kustomisasi
Kemampuan Kustomisasi | sumber detik.com

Kemampuan kustomisasi Nikon Zf adalah salah satu keunggulannya. Pengguna yang berpengalaman dapat mengubah fungsi tombol dan menu sesuai dengan kebutuhan mereka. Baik tombol di body kamera maupun tombol di lensa dapat diubah fungsinya melalui menu.

Baca Juga  Sony Mirrorless A9 III Resmi Launching di Indonesia, Berikut harga dan spesifikasinya

Perekaman Video 4K

Nikon Zf juga tidak hanya unggul dalam pengambilan foto, tetapi juga dalam pembuatan video. Kamera ini mampu merekam video 4K pada 60fps dalam mode APS-C/Super 35mm crop, atau 4K pada 30fps dengan dukungan 10 bit dan mode N-Log. Ini adalah berita baik bagi para videografer yang ingin menggabungkan kemampuan fotografi dan videografi dalam satu perangkat.

Autofokus yang Lebih Baik

Kinerja autofokus Nikon Zf memukau, baik untuk pengambilan foto maupun video. Bahkan dalam kondisi cahaya rendah, kamera ini dapat dengan akurat mendeteksi subjek dan fokus pada mata. Kemampuan mendeteksi berbagai subjek, seperti manusia, hewan, kendaraan, dan pesawat terbang, membuat kamera ini sangat fleksibel dalam berbagai situasi.

Fitur Stabilizer

Salah satu fitur menarik pada Nikon Zf adalah kemampuan VR (Vibration Reduction) yang sangat baik. Stabilizer-nya memiliki rating hingga 8 stop, yang membuat gambar tetap stabil bahkan dalam kondisi yang sulit. Pengguna juga dapat menghubungkan stabilizer dengan titik fokus, sehingga fokus akan lebih diutamakan untuk menjaga stabilitas gambar.

Kualitas gambar pada ISO tinggi juga patut diacungi jempol. Pengguna dapat dengan percaya diri menggunakan ISO 1600, dan bahkan lebih tinggi jika diperlukan. Nikon Zf menawarkan pilihan hingga ISO 64000 untuk mode normal, dan lebih tinggi lagi untuk keadaan darurat.

Bagi para penggemar fotografi potret, Nikon Zf memiliki sejumlah fitur yang akan membantu dalam menghasilkan gambar yang memukau. Mulai dari opsi soften skin hingga picture control portrait dan rich tone portrait. Kamera ini memberikan alat yang dibutuhkan untuk menciptakan potret yang indah.

Fitur Pixel Shift

Selain itu, Nikon Zf juga memiliki mekanisme pixel shift yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik. Dengan menggerakkan sensor 1 pixel ke berbagai arah saat memotret. Kamera ini dapat menggabungkan hasilnya untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detail.

Baca Juga  Kamera Mirrorless vs DSLR Bagus Mana

Namun, perlu diingat bahwa setiap foto yang dihasilkan dalam mode ini berformat RAW dan perlu diproses dengan perangkat lunak Nikon khusus untuk menggabungkannya menjadi satu file.

Bisa Menggunakan Lensa Manual Fokus

Bisa Menggunakan Lensa Manual Fokus | sumber Teropong Media

Nikon Zf juga ramah terhadap pengguna lensa manual fokus. Dengan mengaktifkan fitur AF/MF subject detection di menu. kamera akan secara otomatis memperbesar daerah mata dan wajah ketika mendeteksi wajah, mempermudah proses fokus manual.

Harga Terjangkau

Satu lagi keunggulan Nikon Zf adalah harganya yang relatif terjangkau. Dengan harga sekitar Rp 35 juta, kamera ini menawarkan nilai yang sangat baik untuk fitur dan performanya. Dalam perbandingan dengan kamera DSLR Nikon Df yang dirilis pada tahun 2013 dengan harga USD 2750, Nikon Zf menawarkan teknologi yang lebih canggih dengan harga yang lebih rendah.

Secara keseluruhan Review Kamera Nikon Zf, Nikon Zf adalah kamera serba bisa yang cocok untuk berbagai jenis pengguna, baik pemula maupun profesional. Kehadiran desain retro-nya menambah daya tariknya, sementara fitur-fitur canggihnya membuatnya menjadi pilihan yang kuat. Jadi, apakah Anda seorang penggemar fotografi, videografi, atau keduanya, Nikon Zf adalah pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

admin

Seorang penghobi fotografi pemula seringkali masih belajar tentang teknik-teknik fotografi dasar, seperti pengaturan exposure, ISO, aperture, dan shutter speed. Ia juga sedang mencoba berbagai genre fotografi, seperti potret, landscape, street photography, dan masih banyak lagi.

Related Post

Leave a Comment

You cannot copy content of this page